Primary Navigation

KENAPA SAYA SUKA SEJARAH | DARI ANTI BACA BUKU SAMPAI SUKA BANGET

Dulu waktu masih sekolah, mungkin sejak SD sampai SMP saya bukan orang yang suka membaca tapi juga bukan seorang yang anti sama buku, kalau dipaksa ya saya baca, gitu. Sejak masuk SMP saya mulai dibelikan buku ini itu sama Ibu saya, dari Crayon Shinchan sampai buku-buku misteri, rasanya waktu itu saya orang yang suka humor dan hal mistis, sayang di kehidupan nyata saya jauh dari kata lucu, alias saya itu garing.

Minat baca saya meningkat, karna koleksi buku Crayon Shinchan tidak jelas, saya beralih ke Naruto, terus begitu sampai saya anak SMK, bacaan mulai macem-macem, rasanya waktu itu jajan saya cukup banyak sampai sanggup beli buku-buku motivasi Mario Teguh, buku-buku kisah inspiratif, semua itu bikin saya jadi tukang mikir, bahkan mikir yang tidak perlu juga kadang.

Sampai suatu hari saya ke toko buku, tidak begitu ingat toko buku mana tapi yang jelas itu Gramedia, saya ketemu buku IMPERIUM III karya Eko Laksono, yang isinya perkembangan zaman mulai dari zaman kegelapan atau The Dark Ages. Dan sampai detik ini juga, buku IMPERIUM III telah jadi satu dari sedikitnya buku-buku yang saya baca berulang-ulang kali, rasanya ini buku selalu punya bagian yang belum saya baca sebelumnya.

Kesadaran saya terhadap ketertarikan saya dengan sejarah mulai terasa, saya ingin tahu lebih banyak lagi, bagaimana Indonesia bisa dijajah Belanda dan Jepang, bagaimana kehidupan rakyat Indonesia sebelum Portugis datang, tentang kayanya kepulauan Banda, tentang luar biasanya kelautan Aceh sampai-sampai dapat mengimbangi kapal-kapal dari Eropa, sedikit pengetahuan saya tentang semua itu membuat saya mengatakan kalau Indonesia ini punya kisah yang gila, luar biasa edan!

Masih banyak yang ingin saya ketahui tentang sejarah, baik sejarah dunia maupun sejarah Indonesia, saya ingin tahu dan membicarakannya bersama teman-teman pecinta sejarah, rasanya seru kalau bisa membahas sejarah bersama.

Sampai sekarang saya bersyukur masih banyak buku-buku bertebaran yang masih membahas sejarah, menggali fakta sesungguhnya tentang masa lalu dan menjadikannya pelajaran agar dimasa depan nanti kesalahan di masa lalu tidak akan terjadi lagi. Satu kutipan yang saya sukai tentang sejarah adalah:

Banyak orang yang belajar sejarah namun lupa untuk belajar dari sejarah

I don’t know

Dengan ini pula saya ingin sekali berpesan untuk juga berpikiran terbuka mengenai sejarah, seperhatian saya memang ada versi-versi sejarah yang bisa berbunyi berbeda-beda tergantung sumbernya masing-masing, maka jadikanlah ini sebagai bahan berdiskusi dan bukan untuk dijadikan perbedaan yang memisahkan.

you are lucky if you like to read

Rangga Putra Beta Dewa


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: