Jadi baru-baru ini, saya beli Canon 7D bekas. Sebelumnya saya pakai Nikon D90, tapi ini bukan berarti saya pindah hati ke Canon ya, no no no. D7000 kesayangan saya masih saya pakai sampai sekarang.

Canon 7D bekas ini saya beli bulan Mei 2017 dan belinya di Carousell Singapore. Itulah enaknya tinggal di Batam, mau cari barang bagus tinggal nyebrang. Beruntungnya lagi ini kamera kayak masih baru, mulus asli, ga ada lecet atau apa gitu yang bikin jelek dan dilengkapi dengan aksesorisnya yang masih lengkap, pokoknya top! Dan satu lagi! harganya waktu itu cuma 4,7 juta. Super murah.

Canon 7D sendiri kamera yang bisa dibilang cukup tua, lahirnya tahun 2009, dilengkapi dengan sensor 22.30mm x 14.90mm, 18MP dan yang paling mantap nih ya Canon 7D dilengkapi dengan body weather shield, tahan cuaca ekstrim.

 

Canon 7D masih bisa bersaing dengan kamera baru keluaran 2017-2018, fiturnya masih okay semua, karna bagi saya sendiri yang terpenting dari kamera adalah bagaimana seorang fotografer bisa mengoptimalkannya.

Berikut tips saya buat beli kamera baru supaya puas dan dapet yang dimau:

ehem.

Beli lah dengan cara COD

Ini nih paling penting, dengan COD atau cash on delivery kalian bisa check sepuasnya kamera yang mau kalian beli, hal ini berlaku waktu kalian mau beli barang lain. Dengan COD juga kalian bisa nawar dengan lebih enak. Kalau kalian kurang ngerti soal kamera silahkan ajak temen kalian buat nemenin.

Riset dulu barangnya

Check harga di toko lain, check kalau-kalau barangnya melengkapi kebutuhan kalian atau ga, terus jangan lupa check review barang yang mau kalian beli di forum komunitas atau YouTube

Tawar aja tapi jangan kebangetan

Setelah check haraga toko sebelah, carilah barang dengan harga yang beralasan, maksudnya ya kalau barangnya mulus ga ada lecet atau kayak baru, ya wajar aja kalau itu harga sedikit mahal dibanding yang lain. Silahkan prioritaskan antara harga dan kualitas.

Check dan tanya sepuasnya

Supaya sama-sama enak antara penjual dan kalian sang pembeli, pastikan kalian dapatkan informasi sebanyaknya dari penjual dan check dari A sampai Z fungsi dan kondisi kamera.

Cobalah untuk beli dari penjual yang terpercaya

Kalau beli dari toko online kayak Tokopedia, Bukalapak dan Carousell biasanya kan ada review dari pembeli tuh, coba di check, siapa tahu ya ada informasi penting disitu.