Menurut catatan sejarah, Nicolas-Joseph Cugnot adalah orang yang pertama kali menciptakan mobil pada tahun 1879, Cugnot berkebangsaan Perancis. Selanjutnya, pada tahun 1886, seorang Jerman yang bernama Karl Benz mengembangkan mobil yang menggunakan bahan bakar berupa bensin, pengembangan ini berlanjut dan menghasilkan penemuan berupa mobil berbahan bakar bensin yang terselesaikan pada tahun 1879 dan karya Karl Benz tadi menjadi mobil dunia yang pertama kali dipatenkan.

Setelah mengenal sedikit sejarah awal lahirnya mobil, pertanyaan menarik pun muncul tentang siapa orang yang pertama kali memiliki mobil di Indonesia ini.

Orang Indonesia yang pertama kali memiliki mobil menurut catatan sejarah adalah Sunan Pakubuwono X, atau nama lengkapnya: Sampeyan Dalem Ingkang Sinuhun Kanjeng Susuhunan Pkubuwono Senopati Ing Ngalogo Ngabdulrahman Sayiddin Panotogomo Ingkang Kaping X. What a name…

Pada tahun 1894, mobil yang dibeli Sunan Pakubuwono ini bermerk Benz, sesuai nama pembuatnya Karl Benz. Proses pembelian mobil cukup menguras waktu karna Pakubuwono X harus menunggu satu tahun atau inden. Hal ini juga karna tipe mobil yang dipesan memiliki variasi sendiri sesuai permintaan Pakubuwono X.

Para era kekuasaan Pakubuwono, organisasi Boedi Oetomo, Sarekat Islam dan lain-lain bercokol atau secara tidak langusng mendapat dukungan Keraton Kasunanan Surakarta.

Sebagai raja yang juga memiliki naluri dagang yang tinggi, Pakubuwono X dikenal sangat kaya raya. Hal ini terbukti pada era kejayaannya, Kasunanan Surakarta menjadi lebih modern, bahkan sejumlah situs kebanggaan Surakarta hingga saat ini merupakan peninggalan Pakubuwono X.

Sumber: Buku Indonesia Poenja Tjerita dan @SejarahRI