Rokok telah menjadi tradisi dan budaya masyarakat Indonesia selama ratusan tahun. Beragam jenis rokok yang berasal dari Indonesia bermunculan dengan keunikannya masing-masing.

Rokok juga telah menjadi teman di kala kita sedang bekerja, mengobrol, atau bahkan ketika sedang berunding. Berikut ini rokok legend unik asli Indonesia.

1. Rokok Kelobot

rokok dengan tembakau yang dilinting menggunakan kulit jagung yang sudah kering.

foto Nusantara News

2. Rokok Kawung

Rokok yang satu ini menggunakan pucuk daun aren yang masih berupa janur sebagai bahan pembungkus rokok.

Rokok Kawung dari Garut

3. Cerutu Indonesia

Rokok satu ini berupa gulungan penuh dan utuh daun tembakau yang dikeringkan dan difermentasikan sehingga bungkus rokok tersebut terbuat dari daun tembakau itu sendiri, seluruhnya tembakau. Salah satu tempat pembuatan cerutu ada di Temanggung, Jawa Tengah.

Foto dari Komunitas Kretek

4. Rokok Kretek

Menurut kisahnya, rokok kretek berasal dari kota Kudus. Memang tidak ada record jelas mengenai asal mula rokok kretek ini. Ada pula kisah yang bercerita kalau rokok kretek ini berawal dari penduduk Kudus yang merasa sakit pada bagian dada, lalu ia mencoba mengoleskan minyak cengkeh pada dadanya. Sakitnya mereda. Ia lantas melakukan eksperimen meracik cengkeh dan mencampurnya dengan tembakau untuk dijadikan rokok.

Rokok kretek menggunakan tembakau asli yang sudah dikeringkan, dipadu dengan saus cengkeh dan saat dhisap akan menghasilkan suara “kretek-kretek” dari bara apinya. Begitulah terjadinya rokok kretek, berawal dari rasa sakit di dada seseorang yang bernama Djamari atau lebih terkenal dengan sebutan Haji Djamari.

Foto dari Tribun News

5. Rokok Klembak

Rokok satu ini menggunakan perasa tambahan kemenyan, dengan bahan dasar rokok pada umumnya. Racikan yang ditambah kemenyan dan saus spesial ini agar mendapatkan rasa dan aroma tertentu.

History and Legacy of Kebumen