Hotel dan hostel itu jelas beda, walau dua-duanya itu sama-sama tempat tinggal sementara, untuk traveler terutama yang jadi backpacker cocok mana kira-kira hostel atau hotel?

Pertimbangkan ini dulu

Pertama-tama pastikan dulu apakah ini liburan atau lagi traveling, karna menurut saya sendiri dua hal ini sedikit berbeda, berbeda tipis gitu. Jadi bedanya itu kalau liburan ya  bukan berarti traveling, tapi kalau traveling bisa disebut dengan liburan juga. Traveling sendiri bisa jadi sebuah misi untuk beberapa traveler, dengan konsep yang berbeda-beda, ada yang backpacing, ada yang traveling untuk mengeksplorasi tempat baru. Yang jadi pertimbangan untuk memilih hotel atau hostel ada di beberapa faktor, dengan siapa kalian traveling, kemana kalian traveling, barang bawaan, dan yang terpenting budget atau duit. Karna duit adalah salah satu hal terpenting dalam traveling.

Sedikit tentang hostel

Sederhananya hostel itu tempat tinggal yang kamar-kamarnya diisi dengan beberapa ranjang yang nantinya jadi tempat kita tidur, berbagi kamar dengan orang lain. Serunya kita ga pernah tahu dengan siapa kita akan sekamar ( ͡° ͜ʖ ͡°). Tinggal di hostel juga bikin kita dapat banyak temen, ya pokoknya jangan sok cool aja karna terkadang orang-orang di hostel kita nawarin buat pergi traveling bareng. Tahun 2016 saya sendiri ke Bromo dengan jadi tebengan orang Belanda terus dapet temen dari UK dan Belgia.

Cukup banyak varian hostel, dari yang biasa-biasa aja flat gitu sampai yang hostel rumahan kayak Bhumi Hostel. Kerennya hostel itu ngajarin kita buat mandiri dan mengenal lebih budaya orang, dengan ini kita akan lebih terbuka untuk peluang-peluang baru.

Saya pribadi merekomendasikan untuk tinggal di hostel kalau kalian traveling dan jadi backpacker, apalagi kalau sekamar itu satu squad alias temen-temen kalian semua, asli pasti seru!

Sedikit tentang hotel

Ya kalian semua pasti banyak yang tahu tentang hotel, atau temen-temennya kayak resort dan villa. Hotel identik dengan kemewahan, dan harganya yang cukup mahal walau ada beberapa hotel yang murah dan bagus. Saya sendiri beberapa kali menikmati tinggal di hotel dan karna dibeberapa kesempatan saat kerja saya bisa dapat voucher untuk tinggal di hotel.

Hotel juga menawarkan privasi yang lebih karna jelas 1 kamar hotel hanya disediakan untuk 1 tamunya. Room Service juga ditawarkan di hotel.

Saya sendiri kurang tertarik dengan hotel dan segala kemewahannya, untuk orang dengan jiwa petualang tinggal di hotel mungkin akan sedikit tidak sesuai, tapi tetap saja ada beberapa hotel sederhana yang keren banget dengan segala keunikannya.

Kesimpulan

Hotel dan hostel tetap dua pilihan yang bagus untuk traveling, dengan segala plus minusnya. Yang diperlukan adalah pertimbangan untuk memutuskan dimana kita akan tinggal. Jelas, kalau kita traveling atau liburan dengan keluarga hotel akan menjadi pilihan yang lebih baik. Dan jangan lupa lakukan perhitungan budget traveling yang tepat supaya traveling kalian lebih berasa!