Indonesia dengan segala keragamannya memiliki julukan-julukan yang berbeda, tergantung dari sudut pandang dan penilaian terhadap Indonesia itu sendiri. Julukan yang diberikan dunia kepada Indonesia membuat kita menyadari kalau Indonesia adalah dengara yang lengkap dan indah, bahkan di mata dunia. Berikut julukan-julukan Indonesia di mata dunia.

1. Zamrud Khatulistiwa

Julukan ini diberikan kepada Indonesia karna letak Indonesia yang berada pada lintas garis khatulistiwa dengan penampakan dari atas langit yang hijau seperti Zamrud. Julukan ini sering kali kita dengar saat sekolah dulu, ketika belajar IPS atau sejarah, Zamrud Khatulistiwa sering kali kita dapati di buku-buku tersebut.

2. Nusantara

julukan ini disematkan Kerajaan Majapahit terhadap Indonesia dari Sumatera sampai Papua dalam literatur bahasa Jawa. Thailand disebut juga menyebut Indonesia dengan Nusantara menurut sejarah Kerajaan Majapahit dulu.

3. Negara Agraris

Julukan ini adalah kenyataan bahwa lahan di Indonesia sangat luas dan sangat cocok untuk pertanian. Tak heran kalau kebanyakan warga Indonesia, terutama yang di Jawa menjadikan pertanian sebagai mata pencaharian.

4. Negara Maritim

Julukan satu ini jelas karna Indonesia memiliki perairan yang luas dan kaya akan hasil alamnya.

5. Negara Nyiur

Julukan ini ada karna Indonesia adalah negara maritim dengan pohon kelapa yang banyak.

6. Negara Seribu Candi

Ini karna Indonesia memiliki Candi Borobudur yang menjadi salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia.

7. Negara Seribu Pulau

Julukan ini mengacu pada fakta bahwa Indonesia terdiri atas ribuan pulau, yang juga menegaskan bahwa Indonesia adalah negara dengan pulau terbanyak di dunia.

8. Negara Megabiodiversitas

Julukan satu ini karna para peneliti dunia takjub akan keanekaragaman flora dan fauna yang ada di Indonesia, termasuk hewan purba komodo, lalu tanaman anggrek hitam, dan Rafflesia Arnoldi.

9. Surga Dunia

Julukan ini muncul dari negara-negara luar yang menganggap Indonesia dipenuhi dengan tanah yang subur, hasil bumi yang melimpah, serta pemandangan yang memanjakan mata.

10. Paru-paru Dunia

Julukan ini berasal dari Amerika dan Singapura yang melihat Pulau Kalimantan sebagai hutan yang harus dilindungi karna menopang paru-paru dunia.

11. The Biggest Muslim Population

Julukan ini diberikan umat muslim dunia yang takjub akan jumlah pemeluk agama Islam di Indonesia

12. Balinesia

Para turis mancanegara memberikan julukan ini karna takjub dengan pemandangan yang ada di Bali. Kebanyakan dari mereka tidak tahu jika Bali adalah bagian dari Indonesia.

13. Macan Asia

Julukan ini berasal dari negara-negara Asia yang setuju kalau Indonesia memiliki potensi untuk menjadi negara adidaya.

Kalau ada julukan-julukan lain, silahkan tambahkan.